Sebab Diampuninya Dosa: Puasa Ramadhan dan Sholat Tarawih

By
Manusia tidak mungkin lepas dari dosa, karena setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan yang tidak dibenarkan oleh Islam.

Konsekuensi atas hal tersebut adalah seharusnya setiap manusia memohon ampunan kepada Allah Azza Wa Jalla atas dosa yang telah diperbuat. Namun, memang tidak semua manusia sadar akan hal ini, padahal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang maksum (terbebas dari dosa) saja mencontohkan ber-istighfar (memohon ampun) sehari seratus kali. Subhanallah..

Dari Aghar al Muzani Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Dan sesungguhnya aku sungguh-sungguh beristighfar (memohon ampunan) kepada Allah dalam saatu hari sebanyak seratus kali." (HR. Muslim).
Terdapat beberapa amalan (ibadah) yang dapat menjadi sebab diampuninya dosa manusia, diantaranya adalah melaksanakan Puasa Ramadhan dan Sholat Tarawih.

Dalilnya adalah hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan (karena) Allah semata-mata, maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari).
Berdasarkan hadist tersebut diketahui bahwa puasa ramadhan dapat menghapus dosa yang telah lalu. Namun puasa tersebut harus dilandasi keimanan dan iklhas hanya karena Allah semata, tidak tercampur riya’.


Dalilnya adalah hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Barangsiapa melaksanakan sholat (malam) pada bulan Ramadhan karena keimanan dan (karena) Allah semata (ihtisaban), maka diampunilah dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari).
Imanan: meyakini keutamaannya.
Ihtisaban: yang dia kehendaki hanyalah Allah semata, tidak bermaksud riya’ atau hal-hal lain yang merusak keikhlasan dalam beribadah.

Muhyiddin Abu Zakariyya An-Nawawi berkata:
“Yang dimaksud dengan melaksanakan shalat (malam) pada bulan Ramadhan adalah shalat tarawih.”
Referensi:
Fathin binti Abdul Aziz. 2003. 35 Sebab Diampuninya Dosa: Berdasarkan Al-Quran dan Sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam. Bandung: Hasyimi.

0 comments:

Post a Comment