Persiapan Ucapan Selamat Idul Fitri (Lebaran) 2014/1435 H

By
Idul Fitri (Lebaran) 2014/1435 H tinggal beberapa hari lagi. Sudahkah anda mempersiapkan Ucapan Idul Fitri (Lebaran) 2014/1435 H tersebut??

Mungkin ada yang sudah menyiapkan, tapi mungkin ada juga yang nunggu ucapan dari orang lain dulu, trus baru di-forward ke teman-teman yang lain.hehe
Namun, sudah tahukah anda hukum mengucapkan Selamat Idul Fitri tersebut?? Seperti apakah kalimat ucapan yang benar??

Kalimat ucapan idul fitri yang disyariatkan adalah “Taqabbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima (amalan) kami dan darimu sekalian). Hal ini berdasarkan riwayat dari Jubair bin Nufair, ia berkata:
“Dahulu para sahabat Nabi shalallahu’alaihi wasallam mengucapkan ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’ ketika saling bertemu di hari Idul Fitri.”
Al-Hafiz Ibnu Hajar mengatakan bahwa derajat riwayat tersebut adalah hasan/baik (Fathul Bari, 2:446).

Persiapan Ucapan Selamat Idul Fitri (Lebaran) 2014 (1435 H)

Berdasarkan riwayat tersebut, dapat diketahui bahwa apabila kita mengucapkan “Taqabbalallahu minna wa minkum” pada saat idul fitri (lebaran) hukumnya adalah boleh, karena hal tersebut sudah pernah dicontohkan oleh para sahabat Rasulullah Shalallahu’Alaihi Wasallam.

Lalu, pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana hukumnya apabila kita mengucapkan selamat idul fitri tidak sama dengan yang dicontohkan sahabat Nabi Shalallahu’Alaihi Wasallam tersebut?? Karena tidak kita pungkiri kalau kita sering  menerima ucapan selamat idul fitri yang beraneka ragam, atau bahkan kita sendiri yang mengucapkannya.

Beberapa ucapan yang sering digunakan adalah “Minal Aidin Wal Faidzin” atau “Mohon Maaf Lahir dan Batin” dan sebagainya. Pada dasarnya mengucapkan selamat idul fitri (lebaran) hukumnya adalah diperbolehkan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah pernah ditanya:
"Apa hukum mengucapkan selamat di hari raya sebagaimana banyak diucapkan oleh orang-orang? Seperti ‘indaka mubarak (semoga engkau memperoleh barakah dihari Idul Fitri) dan ucapan yang senada. Apakah hal ini memiliki dasar hukum syariat ataukah tidak? Jika memiliki dasar hukum syariat bagaimana seharusnya ucapan yang benar?"
Beliau menjawab:
"Adapun hukum tahniah (ucapan selamat) di hari raya yang diucapkan satu dengan yang lainnya ketika selesai shalat ied seperti “Taqabbalallahu minna waminkum wa ahalahullahu ‘alaik” (Semoga Allah menerima (amalan) kami & darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakannya atasmu) atau ucapan semisalnya, telah diriwayatkan dari sebagian sahabat bahwasanya mereka melakukannya dan para imam memberi keringanan perbuatan ini seperti Imam Ahmad dan yang lainnya."
Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa hukum mengucapkan Selamat Idul Fitri (Lebaran) adalah boleh, sedangkan ucapan yang sesuai dengan syariat Islam adalah “Taqabbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima (amalan) kami dan darimu sekalian).

Referensi:
Muhammad Abduh Tuasikal. 2013. Ucapan Selamat pada Hari Raya Idul Fitri. http://muslim.or.id.

1 comment:

  1. These embrace radial clearance proportion, punch, and die profile radii. The most drawing drive decreases with enhance of the die profile radius and will increase by enhance of the punch profile radius stylus pen for note 5 was outcome of experiments. The similar insights are helpful for design of microforming system.

    ReplyDelete