Awal Tahun 2015: CPC AdSense Sangat Rendah (0,01 – 0,03)

By
CPC adalah kependekan dari ‘Cost Per Click’ alias Biaya Per Klik. Istilah ini tentunya sudah familiar di telinga para publisher, karena sangat menentukan bayaran yang akan diterima.

Ok, kali ini saya tidak akan mengulas lebih dalam tentang konsep CPC, tetapi saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang CPC yang sangat rendah di awal tahun 2015 ini. Mungkin hal ini juga menimpa beberapa publisher yang lain.

Ketika awal-awal menjadi publisher Google AdSense (GA), sekitar tahun 2013 CPC iklan yang saya pasang di blog saya lumayan besar, kisaran (0,12 – 0,20) meskipun dalam blog berbahasa Indonesia. Namun, lama-kelamaan CPC saya terus mengalami penurunan dan puncaknya adalah pada awal tahun 2015 ini.

CPC saya di awal tahun 2015 ini sangat memprihatinkan, yaitu kisaran (0,01 – 0,03). Tentu saja ini menjadi permasalahan yang cukup berat bagi saya, mengingat penghasilan saya sebagai publisher masih menjadi ‘penghasilan pokok’.


Saya sendiri belum tahu penyebab pastinya, tapi ada yang mengatakan kalau saya terkena smart pricing, ada juga yang mengatakan kalau persaingan menjadi seorang publisher mulai meningkat, karena banyaknya publisher baru yang bermunculan. Kalau menurut saya sendiri, logis juga kalau penyebabnya adalah banyaknya publisher baru yang bermunculan, otomatis akan membagi CPC yang diberikan oleh GA.

Berbagai upaya saya praktikkan, mulai dari mengganti ukuran iklan, mengurangi slot iklan yang saya pasang, mencopot iklan di blog yang visitor-nya sedikit, mengganti tampilan iklan, dan yang terakhir saya lakukan adalah menghapus URL iklan yang saya blokir.

Sampai saat ini (16 Januari 2015) upaya yang telah saya lakukan belum menunjukkan hasil yang signifikan. Meskipun sudah ada sedikit peningkatan, khususnya ketika saya menghapus iklan yang saya blokir. CPC saya mulai meningkat di titik (0,04 – 0,06).

Yang akan saya lakukan sekarang hanyalah berdo’a dan sabar menunggu hasil terbaik yang diberikan oleh Allah Azza Wa Jalla, saya yakin Allah akan memberikan hasil yang terbaik untuk saya.

Jadi, bisa saya simpulkan dalam tips sederhana apabila anda mengalami hal yang sama dengan saya. Yang perlu kita lakukan adalah:

1. Berdo'a
Berdo’a kepada Allah (bagi yang muslim) bagi yang non muslim menyesuaikan. Allah yang mengatur dan memberikan rejeki kepada setiap makhluk, dan Allah sudah menjaminnya. Jadi jangan berputus asa dan risau ketika mendapati CPC AnSense yang sangat rendah. Allah Azza Wa Jalla berfirman:
“……dan tiada satu pun makhluk bergerak di bumi melainkan dijamin Allah rezekinya” (Q.S. Hud: 6)
2. Ikhtiar
Setelah kita berdo’a yang perlu kita lakukan adalah ikhtiar atau melakukan upaya untuk meningkatkan CPC AdSense tersebut (bisa dengan mengganti ukuran iklan, tidak memblokir url iklan, dsb.) Karena setiap do’a harus diimbangi dengan ikhtiar.

Sebagaimana firman Allah berikut ini:
“… Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri … “ (Q.S. Ar-Ra’du: 11 ).
Sedikit tips dari saya, dari sekian banyak upaya yang saya lakukan, ‘tidak memblokir url iklan’ saya rasa adalah cara yang cukup efektif. Entah kebetulan atau tidak, setelah saya ‘tidak memblokir url iklan’ CPC saya mulai meningkat. Silakan dicoba.

3. Sabar
Setelah Berdo’a dan Ikhtiar yang bisa kita lakukan adalah menunggu hasilnya dan yakinlah apapun yang diberikan Allah, itu adalah yang terbaik untuk kita.
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”  (QS. Al-Baqarah: 216).

3 comments:

  1. Kasus serupa juga saya alami mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya banyak publisher yang tertimpa kasus seperti kita ini Mas, termasuk teman saya yang blognya berbahasa Inggris...
      Ya yang sabar aja Mas :)

      Delete