Jumlah Laboratorium dan Perpustakaan Sekolah Menengah di Indonesia masih Rendah

By
Laboratorium dan perpustakaan merupakan fasilitas yang sangat diperlukan oleh sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikannya, termasuk sekolah menengah. Namun, sayangnya jumlah laboratorium dan perpustakaan sekolah menengah di Indonesia masih tergolong rendah.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, bahwa “Laboratorium komputer merupakan satu-satunya tipe laboratorium yang telah dimiliki oleh lebih dari 50% SMA dan lebih dari 85% SMK di Indonesia pada tahun 2010. Sementara itu, hanya sekitar 10% baik SMK maupun SMA mempunyai laboratorium multimedia dan hanya sekitar 20% baik SMK maupun SMA mempunyai laboratorium bahasa.” (Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Renstra Ditjen Dikmen) 2015 – 2019.

Lebih lengkap data tersebut ditampilkan dalam histogram berikut ini:



Berdasarkan data tersebut bisa dilihat bahwa laboratorium yang paling banyak dimiliki oleh SMA atau SMK. Sedangkan laboratorium yang paling sedikit dimiliki adalah laboratorium IPS, baik untuk SMA maupun SMK.

Selain laboratorium, jumlah perpustakaan yang dimiliki sekolah menengah juga belum optimal. Hal ini terbukti dari masih adanya SMA dan SMK yang belum memiliki perpustakaan. Berdasarkan data dari Ditjen Dikmen (2014) bahwa “pada tahun 2014, dari 11.409 SMA terdapat 3.295 SMA atau sekitar 26% yang masih belum memiliki perpustakaan. Hal yang sama juga terjadi untuk SMK dimana terdapat 4.320 SMK atau sekitar 36% dari jumlah SMK yang belum memiliki perpustakaan”.


Dukungan fasilitas berupa laboratorium dan perpustakaan yang masih rendah ini menjadi masalah yang harus segera diperbaiki, karena apabila tidak segera diperbaiki tentunya akan menghambat proses peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama untuk jenjang pendidikan menengah. Upaya perbaikan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, tetapi juga harus ada kerja sama dengan pemerintah daerah, pihak sekolah dan bahkan stakeholders.

Referensi:
Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Renstra Ditjen Dikmen) 2015 – 2019.

2 comments:

  1. Howdy are using Wordpress for your site platform? I'm new to the blog world but I'm trying to get started and create my own. Do you need any coding expertise to make your own blog? Any help would be really appreciated! www.gmail.com login

    ReplyDelete